Kamis, 21 Januari 2010

Cinta dan Harapanmu Ada dalam Perahu Kertas


Hola Blogger? Apa kabar?
Kali ini, aku akan me-review novel perahu kertas. Memang sih, udah telat baru me-review skarang. Tapi nggak apa-apa, kan?
---

Judul Buku : Perahu Kertas
Pengarang : Dewi Lestari
Penerbit : Bentang Pustaka
Tahun Terbit : 21 Agustus 2009
Tebal Buku : 444 halaman
Harga Buku : Rp69.000

Perahu Kertas. Buku ke-6 yang dilahirkan oleh seorang Dewi Lestari. Ini adalah buku pertama Dewi Lestari yang saya baca. Sebelumnya, saya terpengaruh dengan komentar orang-orang tentang buku ini. Ada yang bilang bagus. Menarik. Cantik. Komentar mereka serupa mantra-mantra yang mempengaruhiku untuk membeli novel ini.

Novel ini menceritakan tentang cinta dan harapan.

Cinta
Kugy dan Keenan. Sepasang manusia yang tak pernah sama. Keenan sosok yang rapi dan cerdas, sedangkan Kugy sosok yang berantakan dan cuek. Mereka memang berbeda, tapi tanpa mereka sadari mereka satu! Seperti pelangi yang memiliki warna berbeda-beda tapi satu! Putih.
Mereka saling mencintai, diam-diam. Cinta mereka terpendam bertahun-tahun. Tapi perasaan itu begitu kuat, tak pernah tenggelam. Walaupun mereka punya pasangan masing-masing, mereka tetap saling mencintai. Walaupun mereka telah berpisah sekian lamanya, mereka tetap saling mencintai. Seperti air yang dicampurkan dengan pasir. Pasir itu akan selalu mengendap, tak akan terlarut. Pasir tersebut bisa mewakili perasaan mereka berdua.

Harapan
Kugy dan Keenan. Sepasang manusia yang tak pernah sama. Keenan sosok yang mencintai dunia melukis, sedangkan Kugy sosok yang mencintai dunia menulis. Hobi mereka memang berbeda, namun tanpa mereka sadari, mereka satu! Menulis dan melukis memang dua kegiatan yang berbeda, tapi saling membutuhkan. Menulis untuk melahirkan kata-kata, dan melukis untuk menerjemahkan kata-kata yang ditulis.

Biasanya seorang Dewi Lestari atau yang biasa disapa Dee sangat melekat dengan sastra yang berat, menurut saya. Seperti pada buku yang sebelumnya- Rectoverso. Tapi sastra berat itu takkan lagi ditemukan pada buku ini. Yang ada hanyalah sastra-sastra yang sederhana tapi sangat mengena. Layak bila novel ini bergenre populer dengan gaya bahasa yang mudah dicerna. Dee bertutur dengan gaya bahasa yang ringan.
Penokohannya kuat! Sampai-sampai bila telinga ini menangkap nama 'Kugy', maka berantakanlah yang muncul di benak saya. Emosinya 'dapet banget'. Menghanyutkan.

Di antara letupan-letupan Dee yang mengejutkan di novel ini, terdapat letupan-letupan mengcewakan. Endingnya begitu tiba-tiba, tidak dijelaskan mengapa bisa terjadi 'seperti itu'. Walaupun begitu, salut untuk seorang Dee yang bisa menceritakan kehidupan Kugy dan Keenan yang begitu asik.

Perahu Kertas adalah salah satu novel dee yang tak boleh dilewatkan. Ketika membacanya, anda akan terhipnotis oleh kata-kata Dee yang bisa membuat anda tertawa, menangs, tersenyum, kesal, dan sensasi lainnya.

4 bintang dari 5 bintang untuk novel ini :)

---

Bagaimana menurut kalian tentang novel ini?

Ditunggu komentarnya, ya...


-Alvi-


6 komentar:

  1. aq cm bs ngasih bintang 3 dr 5 bintang.. cz aq blm baca.. tp udh terdebgar desasdesus kl ni novel cadas bgt,,,
    pas itu aq nyari di kampoeng ilmu (tp bodohnya diriku,, pst gag ada lah) cz nyari yg murah..
    tyta di gramed ada,, tp hrga 61reboo.. mahal cing.. di gramed hrga ny 70reboo (maseh mahal)
    jadi,,aq bakal rajin comment di blog mu,, kl km mw minjemin aq perahu kertas vie...
    mskipun km gag pny,,
    tp mgkn temen2 mu yg suka nulis, pnya..
    (ngarep bgt deh)

    BalasHapus
  2. wktu itu cowo gw bilang jg nih buku bagus, tapi gw blm smpet baca, haha.mau dong baca, tapi pinjem novelnya. ga mau beli.. ahahau..

    BalasHapus
  3. @anonim kalo aku pinhemin, entar ilang, deh... hehehehe

    @yasuyassyash Pacarmu suka nggak? Oh iya, pacarmu suka nulis nggak? kalo suka berarti kalian jodoh. Kamu suka melukis, pacarmu suka menulis.. ahahahaha

    BalasHapus
  4. @alvi, akhirnya ad yg bahas juga. waktu itu baru smpet lihat di gramed. dari tampilan, kayaknya lucu n menarik tuh. tapi lum baca.

    @tyas, dah punya cowok yah? (woot). waduh ktinggalan berita nih. slamat y... (drinking)

    BalasHapus
  5. wah jadi penasaran pengen baca nih, pinjem boleh kagak yahhh :)
    btw salam kenal yahhh...

    BalasHapus
  6. hehehe... baru aj tadi dapat softcopy-nya. jadi ga perlu beli deh. hehehe... :D

    -idho- sheraiser - plurk

    BalasHapus

Facebook Badge